Informasi Aneka Ragam Rumah Adat, Baju Adat, Senjata Adat Dan Budaya Indonesia.

Kamis, 15 Juni 2023

rumah adat ende lio Adat lio arsitektur tradisional ntt rumput bahan liar atap terbuat sejenis

Rumah adat merupakan bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya Indonesia yang beragam dan unik. Salah satu rumah adat yang menarik perhatian adalah rumah adat Lio Ende yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Rumah adat ini memiliki arsitektur yang khas dan sarat dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Rumah Adat Lio Ende

Rumah Adat Wolowaru-Ende

Rumah adat Lio Ende memiliki ciri khas berupa atap yang menjulang ke atas, yang sering disebut dengan atap tumpang sari. Konstruksi atap ini terbuat dari kayu-kayu kuat yang disusun secara teratur dan rapat.

Selain atap tumpang sari, rumah adat Lio Ende juga memiliki dinding dari anyaman bambu yang dikombinasikan dengan kayu untuk memperkuat struktur dan memberi nilai estetika pada rumah. Bagian basement yang terbuat dari kayu pun menambah kesan kuat dan kokoh pada rumah adat ini.

Peranan Rumah Adat Lio Ende

Rumah Adat Lio Ende di Flores

Rumah adat Lio Ende selain dijadikan sebagai tempat tinggal bagi warga, juga memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat Flores. Rumah adat ini menjadi tempat pertemuan masyarakat untuk membahas berbagai hal penting seperti upacara adat, bermusyawarah tentang pengembangan usaha, hingga berdiskusi tentang masalah-masalah kehidupan sehari-hari.

Tampaknya, rumah adat Lio Ende masih mampu bertahan dan menjadi pusat kehidupan sosial masyarakat Flores yang memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal. Semoga keberadaannya tetap dilestarikan dan menjadi bagian tak terpisahkan dari ciri khas Indonesia yang begitu beragam dan mempesona.

If you are searching about Lebih Dekat Mengenal Rumah Adat Ende-Lio you've visit to the right place. We have 3 Pictures about Lebih Dekat Mengenal Rumah Adat Ende-Lio like Unduh 10 Gambar Rumah Adat Ende Terbaik - Galeri Rasyied, Lebih Dekat Mengenal Rumah Adat Ende-Lio and also Arsitektur Tradisional: RUMAH ADAT LIO ENDE, FLORES, NTT. Here it is:

Lebih Dekat Mengenal Rumah Adat Ende-Lio

Lebih Dekat Mengenal Rumah Adat Ende-Lio indonesiasatu.co

adat lio mengenal dekat budaya seni

Unduh 10 Gambar Rumah Adat Ende Terbaik - Galeri Rasyied

Unduh 10 Gambar Rumah Adat Ende Terbaik - Galeri Rasyied galerirasyied.blogspot.com

Arsitektur Tradisional: RUMAH ADAT LIO ENDE, FLORES, NTT

Arsitektur Tradisional: RUMAH ADAT LIO ENDE, FLORES, NTT mexweber.blogspot.com

adat lio arsitektur tradisional ntt rumput bahan liar atap terbuat sejenis

Adat lio mengenal dekat budaya seni. Unduh 10 gambar rumah adat ende terbaik. Adat lio arsitektur tradisional ntt rumput bahan liar atap terbuat sejenis


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : rumah adat ende lio Adat lio arsitektur tradisional ntt rumput bahan liar atap terbuat sejenis