Informasi Aneka Ragam Rumah Adat, Baju Adat, Senjata Adat Dan Budaya Indonesia.

Sabtu, 24 Juni 2023

rumah adat joglo dari Rumah joglo jawa adat tengah limasan kuno unik omah bangunan timur bagian gebyok filosofi arsitektur sketsa deskripsi beserta masing keunikannya

Rumah joglo adalah salah satu bentuk rumah adat yang sangat populer di Jawa Tengah. Rumah joglo memiliki sejarah yang kaya dan ciri-ciri yang unik. Ada 7 jenis rumah joglo yang berbeda-beda, dan masing-masing memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Mari kita kenali lebih dalam tentang rumah joglo!

Rumah Joglo Jawa Tengah

Rumah joglo Jawa Tengah

Rumah joglo Jawa Tengah adalah bentuk rumah tradisional Jawa yang sangat terkenal di Indonesia. Rumah ini memiliki bentuk atap yang khas, yaitu atap yang melengkung ke atas. Atap rumah joglo disebut atap limasan.

Rumah joglo Jawa Tengah terdiri dari tiga atau empat bagian, yaitu soko guru, tumpang sari, dan bagian atas rumah. Soko guru adalah tiang-tiang penopang di bawah rumah yang disebut juga rumah sobo. Tumpang sari adalah bagian antara soko guru dan bagian atas rumah. Bagian atas rumah adalah tempat masyarakat tinggal.

Rumah Joglo Jawa Timur

Rumah joglo Jawa Timur

Rumah joglo Jawa Timur juga memiliki keunikan tersendiri. Rumah ini memiliki ciri khas pada atapnya yang berbentuk trapesium dan berbahan alang-alang. Selain itu, rumah joglo Jawa Timur juga memiliki jumlah tiang yang lebih sedikit dibandingkan dengan rumah joglo Jawa Tengah.

Rumah Joglo Jawa Barat

Rumah joglo Jawa Barat

Rumah joglo Jawa Barat terkenal dengan gayanya yang unik. Rumah joglo Jawa Barat memiliki atap limasan yang dilengkapi dengan ornamen khas Sunda. Selain itu, rumah ini juga memiliki bagian panggung yang dikelilingi oleh tiang-tiang yang kokoh.

Rumah Joglo Jawa Bali

Rumah Joglo Jawa Bali

Rumah joglo Jawa Bali juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan rumah joglo di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Rumah joglo Jawa Bali memiliki atap limasan yang lebih melengkung ke atas, dan memiliki bentuk yang lebih elegan. Selain itu, rumah joglo Jawa Bali juga memiliki tiang-tiang yang lebih kuat dan kokoh.

Rumah Joglo Jawa Banyumas

Rumah Joglo Jawa Banyumas

Rumah joglo Jawa Banyumas memiliki ciri khas pada tiang-tiang penopangnya. Tiang-tiang ini terbuat dari kayu yang kuat dan memiliki ukiran yang indah. Selain itu, rumah joglo Jawa Banyumas juga memiliki atap limasan yang melengkung ke atas.

Rumah Joglo Jawa Surakarta

Rumah Joglo Jawa Surakarta

Rumah joglo Jawa Surakarta memiliki ciri khas pada atapnya yang memiliki limasan yang tinggi. Rumah joglo Jawa Surakarta juga memiliki ciri khas pada tiang-tiang penopangnya yang berada di bawah bagian atas rumah.

Rumah Joglo Jawa Yogyakarta

Rumah Joglo Jawa Yogyakarta

Rumah joglo Jawa Yogyakarta memiliki ciri khas pada ornamen yang dipakai pada bagian atas rumah.

Sekian penjelasan tentang rumah joglo dan ciri-cirinya. Rumah joglo sangat populer di Jawa Tengah, namun jenis-jenis rumah joglo yang berbeda ini juga dapat ditemukan di seluruh Jawa dan Bali.

If you are searching about Rumah Adat Jawa - Mulai Dari Joglo, Kasepuhan, Kebaya Hingga Badui you've came to the right place. We have 3 Pics about Rumah Adat Jawa - Mulai Dari Joglo, Kasepuhan, Kebaya Hingga Badui like Kenali 7 Jenis Rumah Joglo, Sejarah dan Ciri-cirinya — Courtina | Courtina, Keunikan Rumah Adat Joglo dan Bagiannya yang Belum Banyak Diketahui and also Keunikan Rumah Adat Joglo dan Bagiannya yang Belum Banyak Diketahui. Read more:

Rumah Adat Jawa - Mulai Dari Joglo, Kasepuhan, Kebaya Hingga Badui

Rumah Adat Jawa - Mulai Dari Joglo, Kasepuhan, Kebaya Hingga Badui rimbakita.com

joglo adat jawa kasepuhan yogyakarta kebaya

Keunikan Rumah Adat Joglo Dan Bagiannya Yang Belum Banyak Diketahui

Keunikan Rumah Adat Joglo dan Bagiannya yang Belum Banyak Diketahui www.harapanrakyat.com

joglo adat keunikan banyak bagiannya belum diketahui

Kenali 7 Jenis Rumah Joglo, Sejarah Dan Ciri-cirinya — Courtina | Courtina

Kenali 7 Jenis Rumah Joglo, Sejarah dan Ciri-cirinya — Courtina | Courtina courtina.id

rumah joglo jawa adat tengah limasan kuno unik omah bangunan timur bagian gebyok filosofi arsitektur sketsa deskripsi beserta masing keunikannya

Kenali 7 jenis rumah joglo, sejarah dan ciri-cirinya — courtina. Keunikan rumah adat joglo dan bagiannya yang belum banyak diketahui. Rumah adat jawa


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :